Aestria Fansub Indonesia

Nama : akhmad husein nafarin
NPM  : 0857201000515

                                         Rekayasa Perangkat lunak










  Definisi PERANGKAT LUNAK adalah instruksi atau program komputer yang ketika dieksekusi melakukan performansi dan
fungsi yang diinginkan dan merupakan struktur data yang memungkinkan memanipulasi informasi dengan baik.


  Definisi REKAYASA PERANGKAT LUNAK. Adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh
aspek produksi perangkat lunak.


PERANGKAT LUNAK DAN PERKEMBANGANNYA.


   Perkembangan perangkat lunak dibagi dalam beberapa kelompok antara lain :


1. KELOMPOK PERTAMA
2. KELOMPOK KE DUA
3. KELOMPOK KE TIGA
4. KELOMPOK KE EMPAT


1.Kelompok pertama, tahun 1950-an dengan ciri-ciri :
   -Orientasi ke batch processing, artinya proses bertumpuk dimana pemrosesan dilakukan jika sejumlah data
    telah dikumpulkan dalam waktu yang telah ditentukan.
   -Limited distributed, artinya pemrosesan data kebanyakan masih dilakukan secara terpusat.
   -Custom software, artinya perangkat lunak yang dibuat untuk dikembangkan dan dijual kepada satu USER atau lebih.


2.Kelompok ke dua, tahun 1960-an dengan ciri-ciri :
   -Multi user.
   -Real time.
   -Database.
   -Product software.


3.Kelompok ke tiga, tahun 1980-an dengan ciri-ciri :
   -Distributed system, artinya komputer yang digunakan dalam memproses data banyak dan mempunyai fungsi
    masing masing dan dapat saling berkomunikasi.
   -Biaya hardware murah dengan ditandai perkembangan komputer micro.


4.Kelompok ke empat, tahun 1990-an dengan ciri-ciri :
   -Sistim pakar (Expert system).
   -Mesin Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence Machine).
   -Komputer paralel.


KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK


   Pembuatan suatu perangkat lunak berdasarkan logika sehingga berbeda - beda dengan lainnya.


1. Perangkat lunak dikembangkan bukan dibuat oleh pabrik tertentu dan tidak masal karena
   memerlukan perancangan yang baik.
2. Perangkat lunak tidak akan pernah usang karena selalu diperbaharui.


APLIKASI PERANGKAT LUNAK


Berikut ini beberapa aplikasi perangkat lunak antara lain :


   1. System Software Merupakan kumpulan program yang ditulis untuk menunjang pemakaian atau pembuatan suatu program.
   2. Real Time Software Merupakan program untuk mengukur, menganalisa, mengontrol proses pemasukan data dari
      lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang sesuai dengan keinginan.
   3. Business Software Perangkat lunak untuk aplikasi bisnis.
   4. Engineering and Scientific Software Perangkat lunak yang digunakan untuk bidang teknik dan perekayasaan.
   5. Embedded Software Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol proses pabrik dan disimpan dalam ROM komputer.
   6. Personal Computer Software Perangkat lunak yang digunakan dalam aplikasi komputer mikro.
   7. Artificial Intellegence Software Perangkat lunak yang digunakan dalam bidang kecerdasan buatan.


SOFTWARE ENGINEERING
   Sofware Engineering adalah orang yang mampu memilih alat bantu dalam perencanaan dan penerapan perangkat lunak,
memiliki teknik menilai kualitas perangkat lunak yang dihasilkan, mampu mengkoordinasi, mengontrol dan mengatur
pelaksanaan pekerjaan pembuatan perangkat lunak.
Tiga langkah kerja dari software engineering adalah :


   1. Metoda
   2. Alat Bantu
   3. Prosedur


  1. METODA
  Metoda yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan perangkat lunak, mencakup :


  A>Perencanaan proyek dan perkiraan.
  B>Analisis keperluan sistim dan perangkat lunak.
  C>Perancangan struktur data.
  D>Arsitektur program.
  E>Prosedur algoritma.
  F>Coding.
  G>Testing (Uji coba).
  H>Pemeliharaan.


  2. ALAT BANTU
  Digunakan untuk mendukung pelaksanaaan pengembangan atau pembuatan perangkat lunak, berupa alat bantu manual
dan alat bantu otomatis.


  3. PROSEDUR
  Mendefinisikan urutan pengerjaan dari metoda dan alat yang digunakan dalam pemecahan atau pembuatan perangkat
lunak.


SIKLUS KERJA SISTIM ENGINEERING.


[Sistem Engineering] Bagian terbesar dari pekerjaan proyek dengan menetapkan segala hal yang di butuhkan
                     dalam pelaksanaan proyek.
[Analisis] Tahap dimana sistim engineering menganalisis hal-hal yang di perlukan dalam pelaksanaan proyek.
[Desain] Tahap menterjemahkan data yang telah di analisis ke dalam bentuk yang di mengerti user.
[Kode] Tahap menterjemahkan data yang telah di rancang ke dalam bahasa program.
[Testing] Tahap uji coba terhadap program.
[Pemeliharaan] Tahap bila terjadi perubahan terhadap perangkat lunak akibat permintaan user.


PROTOTIPE


Prototipe adalah proses pembuatan model dari perangkat lunak yang akan dibuat sehingga user dapat
mengetahui hasil yang akan dibuat.Tujuannya untuk mendefinisikan perangkat lunak yang akan dihasilkan
tanpa menyertakan rincian pemasukan data, proses dan keluaran yang diperlukan.


Gambarannya : Analisis-> Design-> Buat Prototype-> Evaluasi&Perbaikan-> Hasil


FASE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK


Fase pengembangan perangkat lunak terdiri dari :
   1. FASE DEFINISI
   2. FASE PENGEMBANGAN
   3. FASE PEMELIHARAAN


1. FASE DEFINISI
Fase Definisi, mendefinisikan informasi yang akan diproses, fungsi dan performansi yang diinginkan,
menetapkan interface, merancang kendala dan batasan serta kriteria validasi yang diperlukan untuk menunjang
keberhasilan sistim.


2. FASE PENGEMBANGAN
Fase Pengembangan, menjabarkan struktur data dan arsitektur perangkat lunak, prosedur rinci untuk penerapan,
proses penerjemahan ke dalam bahasa pemrograman dan uji coba yang dilakukan.


3. FASE PEMELIHARAAN
Fase Pemeliharaan, jika terjadi perubahan terhadap pembetulan, perbaikan terhadap lingkungan
dan penambahan karena permintaan user.


PERTIMBANGAN SOFTWARE ENGINEERING


Sebagai seorang software engineering dalam merencanakan suatu pembuatan perangkat lunak atau pengembangan
perangkat lunak ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan, dimana pertimbangan tersebut meliputi :
  1. PERTIMBANGAN PERANGKAT KERAS
  2. PERTIMBANGAN PERANGKAT LUNAK
  3. PERTIMBANGAN MANUSIA


1. PERTIMBANGAN PERANGKAT KERAS
Pada Pertimbangan Perangkat Keras yang harus diperhatikan adalah :
  1.1. Elemen Perangkat Keras
  1.2. Harga dan Kemampuannya
  1.3. Rekayasa Perangkat Keras


1.1. ELEMEN PERANGKAT KERAS
Pemeliharaan elemen perangkat keras berdasarkan pada karakteristik :
  A>Komputer dipaketkan pada suatu blok yang bisa dikembangkan.
  B>Interface antar komponen standard.
  C>Tersedia beberapa alternatif.
  D>Unjuk kerja, biaya dan ketersediaannya relatif mudah ditentukan.


1.2. HARGA DAN KEMAMPUANNYA
Penyesuian antara elemen yang akan digunakan dapat dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.


1.3. REKAYASA PERANGKAT KERAS
Untuk komputer digital yang dikembangkan dari perancangan elektronik, proses perancangannya terdiri dari
tiga fase antara lain :
 A>Perencanaan dan Spesifikasi.
 B>Perencanaan dan Implementasi Prototype.
 C>Distribusi Manufaktur dan pelayanan.


2. PERTIMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Disusun dari 2 tipe yaitu aplikasi perangkat lunak dan sistim perangkat lunak.


3. PERTIMBANGAN MANUSIA
Menjabarkan jumlah tenaga kerja yang diperlukan dalam pelaksanaan pengembangan perangkat lunak serta
tingkat keahlian yang diperlukan.


TAHAP KERJA SISTIM ENGINEERING
Dalam memecahkan suatu permasalahan sistim engineering harus mengikuti tahap kerja yang harus dilakukan,
antara lain sebagai berikut :


  1. SYSTEM REQUEST
  2. SYSTEM PLANNING (PERENCANAAN)
  3. SOFTWARE REQUIREMENT (ANALISA)
  4. SOFTWARE DESIGN (PERANCANGAN)
  5. PROGRAMMING LANGUAGE DAN CODING
  6. SOFTWARE TESTING (UJI COBA)
  7. SOFTWARE MAINTENANCE (PEMELIHARAAN)
  8. DOKUMENTASI


1. SYSTEM REQUEST
Merupakan permintaan pembuatan sistim baru atau memperbaiki sistim yang telah berjalan pada suatu perusahaan.


2. SYSTEM PLANNING (PERENCANAAN)
Merupakan tahap sistim engineering yang merencanakan alternatif pemecahan masalah yang ada.


3. SOFTWARE REQUIREMENT (ANALISA)
Merupakan tahap sistim engineering untuk menganalisa permasalahan yang ada dengan menggunakan metoda yang
telah ditentukan.


4. SOFTWARE DESIGN (PERANCANGAN)
Merupakan kegiatan menterjemahkan masalah yang sudah didefinisikan ke dalam bentuk yang dimengerti oleh
pembuat program (programmer).


5. PROGRAMMING LANGUAGE DAN CODING
Proses penterjemahan masalah ke dalam bahasa komputer yang telah ditentukan dan sesuai dengan
aplikasi yang sedang dikerjakan.


6. SOFTWARE TESTING (UJI COBA)
Uji coba terhadap progam yang telah dikerjakan.


7. SOFTWARE MAINTENANCE (PEMELI-HARAAN)
Pemeliharaan terhadap hasil pekerjaan yang telah selesai dikerjakan.


8. DOKUMENTASI
Kumpulan dari catatan hasil kerja

Categories: